pasang iklan

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Windows 7, 8 dan 10

3 Cara  Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Windows 7, 8 dan 10


Postingan kali ini membahas tentang bagaimana cara mempercepat kinerja suatu komputer/ laptop. Memiliki komputer yang lambat tentu sangat menguji kesabaran kita.
Tidak heran jika beberapa orang sangat kesal ketika mengerjakan tugas sekolah/ kantor dengan komputer yang sangat lelet. Banyak dari mereka yang lebih memilih mengerjakan tugas di warnet daripada menggunakan komputer yang kinerjanya super lambat.
Sebenarnya, untuk mengatasi komputer/ laptop yang cenderung semakin lama semakin lelet, anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan juga melakukan beberapa hal yang akan saya jelaskan satu per satu dalam artikel ini.

1. Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk

Image result for Ram dan hardisk


Proses multitasking yang terlalu berat menyebabkan kinerja suatu komputer/ laptop menjadi lambat. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.
Perhatikan pula kapasitas harddisk anda. Jika memang sudah hampir penuh (misalkan tersisa 10GB), tidak heran jika komputer/ laptop anda semakin melambat saja. Saya sarankan anda memperbesar kapasitas harddisk dan jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya membeli SSD untuk meningkatkan performa komputer/ laptop anda.

2. Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin

File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.
Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.

3. Uninstall program yang tidak penting

uninstall program
Untuk apa menginstal program yang tidak digunakan. Sayang jika menginstal program yang hanya membuang ruang hard disk anda.
Untuk uninstall program, anda bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ penting.

Masih terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kinerja suatu komputer/ laptop. Tetapi saya rasa 3 hal yang telah saya jelaskan diatas sudah lebih dari cukup. Mungkin itu saja yang ingin saya bagikan hari ini. Semoga tutorial cara mempercepat kinerja laptop / komputer diatas bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terima Kasih.


Share on Google Plus

About Taufik Tech

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

close
pasang iklan